Jumat, 23 Maret 2012

Totto-chan (sekolah baru episode 3)

Sekolah baru

Totto-chan berhenti melangkah ketika melihat gerbang sekolah baru itu. Gerbang sekolahnya yg dulu terbuat dari pilar-pilar beton yg halus. Nama sekolah tertera di sana dengan huruf-huruf besar. Tapi gerbang sekolah baru ini hanya terdiri atas dua batang kayu yg tidak terlalu tinggi. Kedua batang itu masih ditumbuhi ranting dan daun.
            “gerbang ini tumbuh,” kata totto-chan “mungkin akan terus tumbuh sampai lebih tinggi dari tiang telepon!”
            Kedua “tiang gerbang” itu memang pohon hidup, lengkap dengan akar-akarnya. Ketika berjalan mendekati tiang-tiang tersebut, totto-chan harus memiringkan kepalanya untuk membaca nama sekolah, karena nama papanya terpasang miring akibat tertiup angin.
            “TO-mo-e Ga-ku-en.”
            Totto-chan hendak bertanya pada mama apa artinya “Tomoe”, tapi matanya melihat sekilas sesuatu yg membuatnya mengira dirinya bermimpi. Dia berjongkok lalu mengintip ke balik semak-semak agar bisa melihat lebih jelas. Dia tidak bisa mempercayai penglihatanya.
            “mama, itu kereta sungguhan, ya? Di sana, di halaman sekolah!”
            Untuk ruang kelas, sekolah itu menggunakan enam gerbong kereta yang sudah  tidak terpakai. totto-chan merasa seperti sedang bermimpi. Bersekolah di gerbong kereta!
            Deretan jendela di gerbong-gerbong itu berkilauan di terpa sinar matahari pagi. Tapi sepasang mata gadis cilik berpipi merah jambu yang memandanginya dari balik semak-semak lebih bercahaya lagi.

 episode 3....
(by tetsuko kuroyanagi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar